Rabu, 11 Mei 2011

Produsen Sungkyunkwan Juga Menginginkan sebuah Extension


Dengan jalan cerita yang mengagumkan dan menyejukkan hati, tak lupa pula dengan aktor/aktris yang berbakat, Sungkyunkwan Scandal, telah menciptakan sejumlah besar pengikut, terlepas dari angka rating setiap episodenya yang bisa dibilang menengah. Namun, secara konstan, rating tersebut meningkat.

Permintaan para fans di awal episode drama ini memang dikabulkan. Hasilnya, drama ini diperpanjang 4 episode, dari 16 episode menjadi 20 episode. Nanti malam, akan ditayangkan episode 18. Mengetahui drama ini akan berakhir sebentar lagi, para fans pun meminta drama ini di-extend lagi. Para produser pun sebenarnya ingin mengabulkan permintaan para fans ini. Walaupun sebenarnya diberitakan, bahwa perpanjangan drama Sungkyunkwan Scandal adalah mustahil.




Pertama, walaupun dikatakan para produser ingin meng-extend drama ini, namun keadaannya tidak memungkinkan. Akan banyak hambatan yang harus diatasi jika memang mereka ingin meng-extend drama ini.
Jika ingin dibandingkan kesukaan para fans Sungkyunkwan Scandal dengan drama populer lainnya, misalnya dilihat dari aktivitas online pada 16 episode pertama (sewaktu artikel aslinya dibuat, Sungkyunkwan Scandal masih airing di episode 16). Message board di situs resmi drama Sungkyunkwan Scandal, ada 120.000 pesan yang dipostingkan oleh fans. Jumlah ini adalah 3x lipat respon drama Chuno, 4x lipat respon drama Baker King Kim Tak Goo dan 2x lipat respon drama IRIS.

Sebagai tambahan, thread drama ini di DC (Daum Cafe) sudah ada 160.000 pesan, per 16 episode. Drama Sungkyunkwan Scandal ini menduduki posisi kedua mengejar hit drama Boys Before Flowers.
Cukup menarik jika dilihat, bahwa drama seperti Chuno, Baker King Kim Tak Goo adalah drama dengan rating berkisar 30%, sementara Sungkyunkwan Scandal sendiri dimulai dari rating 6,3% di Episode 1, dan terus meningkat secara konstan. Hal ini didukung pula dengan serial drama Dong Yi yang sudah berakhir.

 

Fans sangat sangat bersemangat mengikuti kisah cerita antara YoonHee ( Park Min Young ) dengan Lee Seon Joon (Micky Yoochun).

CEO dari production house drama ini, Lemon Rain, Kim Dong-rae, menyatakan, “Cerita Sungkyunkwan Scandal sendiri sebenarnya dapat dengan mudah di-extend, ditambah 10 episodes atau lebih. Bahkan melihat kondisi sekarang, kami bisa menambahkan 4 episode lagi. Kami sebenarnya bersedia melakukannya, jika semua aktor/aktris menyetujuinya, namun ini sangat sulit, karena periode produksinya sendiri sudah berjalan lebih lama dari yang direncanakan, dan jadwal syutingnya bentrok dengan jadwal mereka yang lain.”

Ditambahkan bahwa mereka sangat kecewa bahwa tidak akan ada ekstensi drama ini.
Jika memang kondisi memungkinkan untuk perpanjangan drama, apa yang akan terjadi dalam kisah drama ini?

Kim mengatakan, “Kita akan dapat mengeksplorasi emosi-emosi Moon Jae Shin (Yoo Ah In), dan memperluas kisah antara Lee Seon Joon dan Kim Yoon Hee. Terlepas dari kisah cinta, ada banyak plot dari segi akademik yang bisa dieksplorasi. Ada begitu banyak cerita yang bisa dibuat, yang kami yakin akan dapat membuat sebuah drama yang hebat, namun kondisi dunia nyata tidak mendukung.”

 

Perbedaan antara drama Dong Yi dan Sungkyunkwan Scandal adalah drama Dong Yi memiliki episode yang lebih panjang, sehingga memiliki cukup banyak waktu untuk membuat orang menyadari kehadiran drama tersebut, dan dengan demikian menarik investasi dari dunia periklanan, dan stasiun televisi pun akan bersedia memberikan modal untuk ekstensi drama tersebut. Sementara miniseri ( drama dengan 20 episode atau kurang dari 20 episode), seringkali menghadapi kesulitan finansial jika mereka harus meng-extend episode-nya, dan perusahaan produksinya sendiri kurang tertarik untuk mengabulkan extensi tersebut. Juga, karena popularitas drama Sungkyunkwan Scandal umumnya ada dikalangan para remaja, yang menurut para stasiun televisi/produser/perusahaan produksi bukanlah golongan potensial.

Ini sebabnya para produser Sungkyunkwan bersedia mengambil resiko finansial tersebut dan memberikan usaha terbaik mungkin. Dan hal ini sangat jarang terjadi. Namun, masalah utamanya adalah para pemain utama, terutama bintang utama pria Micky Yoochun yang sedang sibuk dengan tur Asianya, dengan grup JYJ. Awalnya dijadwalkan syuting akan berakhir di bulan September, karena keputusan ekstensi 4 episode ( dari 16 episode ke 20 episode ), proses syuting masih berjalan sampai bulan Oktober. Jika diperpanjang lagi, tentu saja akan bentrok dengan jadwal tur Micky Yoochun.

Sebagai tambahan informasi mengenai popularitas drama ini : OST-nya sudah terjual lebih dari 120.000 album, dan episode-nya sudah ditonton secara online lewat KBS homepage 190.000 kali ( bandingkan dengan Chuno yang hanya 150.000 dan Baker King Kim Tak Goo yang hanya 130.000 ).

Drama ini diambil dari sebuah novel yang terbit di Korea. Novelnya sendiri terdiri dari dua bagian, bagian pertama berfokus kepada kisah Lee Seon Joon dan Kim Yoon Hee, dan bagian kedua berfokus kepada Moon Jae Shin dengan mempelai wanitanya yang masih sangat-sangat muda. Para fans berharap, setidaknya akan ada season kedua yang berfokus kepada Moon Jae Shin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...